Kamis, 04 Januari 2024

 

  1. Satelit Buatan


Satelit buatan merupakan alat elektronik yang berada pada orbit tertentu di luar angkasa. Satelit buatan ini bergerak mengelilingi bumi seperti satelit alami bumi yakni bulan. Satelit ini berguna untuk kehidupan sehari-hari seperti meteorologi serta telekomunikasi. Dalam telekomunikasi, satelit ini digunakan untuk menyiarkan gelombang televisi sehingga informasi bisa tersebar secara meluas pada saat itu juga.

  1. Sel Surya


Sel surya dipakai manusia untuk menampung gelombang dari sinar matahari yang membuat kita mendapatkan energi baru. Beberapa penggunaan energi baru dari matahari ini diantaranya adalah pembangkit listrik, mobil tenaga surya, pesawat tenaga surya dan sebagainya.


  1. Eksplorasi Gas dan Minyak Bumi

Ahli geofisika membuat sebuah penelitian pada perut bumi dengan cara memberikan gelombang mekanik pada bumi dan gelombang ini disebar ke seluruh bumi. Apabila gelombang terbentur dengan bebatuan yang memiliki sifat elastisitas berbeda, maka gelombang akan dipantulkan lalu diteruskan kembali. Gelombang tersebut kemudian diterima reciever dan waktu penyebaran tersebut dicatat dan data tersebut digunakan untuk memperkirakan letak sumber mineral, gas atau minyak bumi.


  1. Sonar

Wilayah Indonesia terdiri dari area laut yang cukup luas sehingga sangat banyak menghasilkan ikan. Agar penangkapan ikan bisa berjalan lebih optimal, maka kapal laut dilengkapi dengan sonar untuk menemukan area laut yang banyak terdapat ikan. Kerja sonar ini menggunakan konsep pemantulan gelombang, dari permukaan gelombang bunyi akan disebar ke dalam laut dan sebelum menyentuh dasar laut, maka gelombang suara ini juga akan mengenai ikan yang sebagian gelombang suaranya akan dipantulkan kembali ke permukaan. Gelombang ini lalu diterima dan digambarkan pada monitor sehingga para nelayan bisa melihat kumpulan ikan yang ada di bawah kapal tersebut.




BERSUMBER DARI MANFAAT CO.ID

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © syafira harumi putri - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -