Rabu, 26 Juli 2023

1. SEL 

 

 Pengertian sel : 

    Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Karenanya, sel dapat berfungsi secara autonom selama seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi. Makhluk hidup (organisme) tersusun dari satu sel tunggal (uniselular, misalnya bakteri, Archaea, serta sejumlah fungi dan Protozoa) atau dari banyak sel 

   Pada awalnya sel digambarkan pada tahun 1665 oleh seorang ilmuwan Inggris Robert Hooke yang telah meneliti irisan tipis gabus melalui mikroskop yang dirancangnya sendiri.

   Struktur sel terbagi menjadi dua kelompok utama, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Kedua jenis sel tersebut sama-sama mempunyai perintang selektif atau membran plasma dan sitoplasma. Membran plasma ini menyelebungi sitosol, tempat organel sel berada. Semua sel mengandung kromosom yang membawa gen dalam bentuk DNA dan ribosom yang membuat protein dengan instruksi dari gen.

- Struktur-Struktur Sel


1. Sel Prokariotik



- Definisi Sel Prokariotik :

Sel Prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran sebelum sel inti sehingga sel inti berada di dalam protoplasma.


- Ciri Ciri Sel Prokariotik :

 1. Memiliki membrane plasma memilikinukleoid ( DNA, RNA )

2. Memiliki sitoplasma

3. Tidak memiliki membrane inti dan system endomembrane

4. Tidak dijumpai badan golgi

5. Bersifat uniseluler


- Bagian-Bagian dalam struktur Sel Prokariotik :

1. Membran plasma

Membran plasma atau disebut juga membran sel merupakan suatu sistem membran lapisan terluar yang membatasi isi sel dari lingkungannya. Membran ini terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan yang sangat tipis, hidup, dan bersifat semipermeabel.

Membran plasma memiliki bagian yang tersusun dari lemak (lipid) dan protein (lipoprotein). Membran plasma ini berfungsi dalam mengatur pertukaran zat antara sitoplasma dengan larutan di luar sel, menyelenggarakan pertahanan mekanisme, dan untuk memberi bentuk pada sel.

Selain itu, berfungsi sebagai penyelenggara komunikasi antar sel da juga sebagai organel yang dapat mengontrol masuknya nutrisi dan mineral ke dalam sel.

2. Sitoplasma

Sitoplasma merupakan cairan matriks atau zat seperti gel yang berada di dalam sel. Sitoplasma tersusun atas partikel berupa material air dan juga protein.

Fungsi utama dari sitoplasma adalah sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme yang terdapat di dalam sel. Sitoplasma juga sangat berperan dalam membantu dan memeriksa segala sesuatu yang terjadi di dalam sel kecuali nukleus yang merupakan inti sel.

3. Nukleus

Nukleus atau inti sel merupakan salah satu organel yang berada di bagian pusat sel. Fungsinya sebagai pusat kegiatan yang ada di dalam sel. Di dalam nukleus sendiri terdapat cairan inti (nukleoplasma), anak inti (nukleolus), dan selaput inti.

4. Ribosom

Robosom merupakan struktur sel prokariotik berupa butiran yang berfungsi untuk memperbaiki protein.

5. Dinding sel

Dinding sel merupakan bagian terluar dari sebuah sel. Berfungsi sebagai struktur pelindung kedua setelah membran plasma.

6. Kapsul

Kapsul merupakan struktur pelindung ketiga setelah membran plasma dan dinding sel.

7. Bulu rambut

Bulu rambut berfungsi sebagai alat perekat sel bakteri pada suatu permukaan dasar atau benda.

8. Flagel

Flagel disusun oleh mikrotubulus yang berfungsi dalam pergerakan sel. Sebagai contoh makhluk hidup yang memiliki sel prokariotik adalah bakteri dan ganggang hijau biru (cyanobacteria).


2. Sel Eukarioti 

 


Definisi Sel Eukariotik :

Sel Eukariotik merupakan sel yang memiliki inti atau nukleus yang dikelilingi oleh membran sehingga sel ini memiliki dua membran yakni sitoplasma dan membran inti

- Ciri-Ciri Sel Ekuariotik :

1. Memiliki inti sel yang dibatasi oleh membran inti atau disebut nukleus.

2. Memiliki sejumlah organel yang terbungkus oleh membran sel, termasuk mitokondria, retikulum endoplasma, badan golgi, lisosom, dan kadang terdapat pula kloroplas.

3. Komponen struktur dinding sel pada eukariotik adalah fosfolipid.

4. DNA tersimpan dalam nukleus.

5. Ukuran diameter selnya antara 10–100 mikrometer.  

6. Sel eukariotik bergerak dengan menggunakan silia dan flagela yang tersusun atas protein tubulin. Struktur flagela pada sel ini lebih kompleks dibandingkan flagela pada sel prokariotik


- Struktur-Struktur Sel Eukariotik 

1. Membran Plasma

Sel eukariotik juga memiliki membran plasma yang memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai :

• pelindung agar isi sel tidak keluar meninggalkan sel,

• pengontrol zat-zat yang akan masuk maupun keluar meninggalkan sitoplasma,

• pengendali pertukaran zat antara sitoplasma dan lingkungannya, dan

reseptor atau penerima rangsang dari luar.

2. Sitoplasma

Pada sel eukariotik, sitoplasma adalah bagian non-nukleus dari protoplasma

3. Dinding sel

Dinding sel tersusun oleh selulosa saat sel masih muda dan sejalan dengan proses pertumbuhan serta perkembangannya

Sel akan mengalami penambahan zat lignin sehingga dinding sel menjadi kuat. Dinding sel memiliki fungsi untuk melindungi dan memberi bentuk sel

4. Organel

Organel adalah bagian tertentu dalam sel yang berfungsi sebagai organ. Organel terdiri atas unit unit kerja yang memiliki fungsi masing-masing


Bersumber dari CCN Indonesia

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © syafira harumi putri - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -